Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Perwira Pertama (Pama)

Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Perwira Pertama (Pama)

Pangkat polisi Perwira Pertama atau yang sering disingkat menjadi Pama merupakan golongan dari pangkat Perwira yang paling rendah dibandingkan dengan Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen). Perwira Pertama terdiri dari Ajun Komisaris Polisi, Inspektur Satu, dan Inspektur Dua di Kepolisian Republik Indonesia dan Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua di TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Tingkatan Pangkat Polisi Perwira Pertama (Pama)

  1. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Ajun Komisaris Polisi atau yang disingkat sebagai AKP merupakan tingkat ketiga dalam golongan Perwira Pertama di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Kapten dalam TNI Militer.  Tanda kepangkatan Ajun Komisaris Polisi yaitu dilambangkan dengan tiga balok yang disusun vertikal berwarna emas. Pangkat ini sering disebut dengan AKP namun dulunya lebih dikenal dengan Kapten sebelum tahun 2000 dan Senior Inspektur Polisi sebelum tahun 2001.

  1. Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Inspektur Polisi Satu atau yang disingkat sebagai Iptu merupakan tingkat kedua dalam golongan Perwira Pertama di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Letnan Satu dalam TNI Militer. Tanda kepangkatan Inspektur Polisi Satu yaitu dilambangkan dengan dua balok berwarna emas yang disusun secara vertikal.

Pangkat ini sering disebut dengan Ipda namun menurut daftar pustaka dulunya lebih dikenal dengan Letnan Satu sebelum tahun 2000 dan kemudian diubah menjadi Inspektur Polisi I sebelum tahun 2001 dan hingga saat ini menjadi Ipda atau Inspektur Polisi Satu.

  1. Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Pangkat polisi Inspektur Polisi Dua atau yang disingkat sebagai Ipda merupakan tingkat pertama dalam golongan Perwira Pertama di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Letnan Dua dalam TNI Militer. Tanda kepangkatan Inspektur Polisi Dua yaitu dilambangkan dengan lambang satu balok berwarna emas.

Pangkat ini akan didapatkan oleh siswa atau Taruna yang menyelesaikan pendidikannya dan lulus dari Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) atau Akademi Kepolisian. Inspektur Polisi Dua atau Ipda lebih sering disebut sebagai Letnan Dua sebelum tahun 2000 dan Inspektur Polisi II sebelum tahun 2001.