Ini Dia Tips Dapatkan Harga Tanah di Jakarta Murah

Ini Dia Tips Dapatkan Harga Tanah di Jakarta Murah

Jakarta merupakan sebuah kota yang paling dikenal di negara Indonesia. Kota yang menjadi pusat pemerintahan ini tidak pernah tidur. Hiruk pikuk aktivitas di kota Jakarta terus berjalan tanpa mengenal waktu. Banyaknya penduduk yang bermukim di kota Jakarta membuat harga tanah dan properti di kota ini semakin mahal dari waktu ke waktu. Harga tanah di Jakarta  yang cukup tinggi membuat banyak orang merasa kesulitan dalam mencari lahan untuk mendirikan bangunan tempat tinggal atau tempat usaha.

Mengapa Harga Tanah di Wilayah Jakarta Terus Meningkat?

Faktanya, harga tanah di Jakarta  memang terus melonjak dari waktu ke waktu. Sebenarnya, apa yang membuat harga tanah di kota ini tidak pernah ada matinya? Berikut beberapa alasan yang membuat harga tanah di Jakarta semakin tinggi dari waktu ke waktu.

  • Penduduk yang semakin padat

Harga tanah di Jakarta semakin hari semakin mahal karena penduduk di kota ini semakin padat. Banyak orang-orang berdatangan dari penjuru Indonesia untuk mengadu nasib di kota Jakarta. Ada pula yang datang ke kota Jakarta untuk meneruskan pendidikan.

Kenyataannya, lapangan kerja di Jakarta memang cukup tinggi dibandingkan di kota lainnya. Hal itulah yang membuat perantau dari berbagai wilayah terus berdatangan. Semua orang yang datang butuh tanah sebagai tempat untuk membangun hunian. Semakin banyak orang yang membutuhkan, semakin mahal pula lah harga tanah di kota ini.

  • Terbatasnya lahan

Penyebab lain semakin mahalnya harga tanah di kawasan Jakarta karena ketersediaan lahan yang terbatas. Rendahnya luas tanah di kota ini membuat setiap meter tanah di Jakarta sangat berharga. Harga tanah per meter di Jakarta sangat fantastis. Apalagi untuk tanah yang berada di pusat kota.

  • Gaya hidup yang tinggi

Tingkat gaya hidup penduduk kota metropolitan bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan gaya hidup di kota-kota lainnya. Harga kebutuhan pokok seperti makanan juga tinggi. Hal tersebut ternyata berpengaruh pada harga tanah di kota Metropolitan ini.

  • Krisis komoditi yang menurun tajam

Kenaikan tanah di kota Jakarta sangat terlihat pada tahun 2008 – 2010 silam. Menurut penelitian, harga tanah yang terus naik dikarenakan adanya krisis. Komoditi ekspor semakin menurun sehingga harga kebutuhan semakin meningkat.

  • Infrastruktur yang terus dibangun

Kenaikan harga tanah juga terjadi seiring pembangunan infrastruktur di kota Jakarta. Banyak dibangun gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. Tingginya pembangunan infrastruktur membuat harga tanah semakin mahal, apalagi untuk tanah yang berada di tempat strategis.

Harga tanah di Jakarta yang semakin mahal lantas tidak membuat banyak orang merasa putus asa. Banyak orang yang tetap bersikeras untuk tinggal di kota ini. Bagi Anda yang sedang mencari tanah di kota Jakarta, Anda bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Tips Membeli Tanah di Jakarta Harga Murah

Harga tanah di Jakarta idealnya memang mahal. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga yang murah.

  • Lakukan survei terlebih dahulu

Untuk mendapatkan tanah dengan harga murah, lakukan survei terlebih dahulu.. Survei bisa dilakukan untuk melihat langsung kondisi tanah yang akan Anda beli. Ada beberapa lokasi tanah di Jakarta dengan harga yang masih murah seperti di Jakarta pinggiran. Untuk benar-benar memastikan harga tanah tersebut murah, datanglah ke lokasi untuk mengecek kondisi secara langsung. Jangan pernah malas untuk melakukan survei. Jika malas, mungkin saja harga tanah yang didapatkan murah, namun tidak sesuai dengan harapan.

  • Beli dari tangan pertama

Harga tanah di Jakarta  akan lebih murah jika didapatkan dari tangan pertama. Maka, usahakanlah Anda mencari penjual tangan pertama langsung. Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda bisa meminta informasi dari teman atau kerabat. Sampaikanlah keinginan Anda untuk membeli tanah. Harga tanah dari tangan pertama akan lebih murah karena keuntungan yang didapatkan penjual tidak dibagi-bagi dengan makelar atau penyalur.

  • Buka situs jual beli properti

Memang cukup sulit untuk mendapatkan tanah di Jakarta dengan harga murah. Namun, Anda bisa membuka situs jual beli properti untuk membantu. Ada banyak situs jual beli properti terpercaya yang akan memberikan informasi terbaik tentang harga tanah di Jakarta.

  • Lakukan penawaran

Penawaran adalah salah satu hal yang lumrah dilakukan dalam melakukan pembelian. Sebagai seorang pembeli, Anda berhak untuk melakukan penawaran. Tawarlah harga tanah yang ditawarkan oleh penjual sesuai dengan harga wajar. Namun sebelumnya, Anda bisa mencari tahu harga tanah di pasaran yang berada di lingkungan tersebut.

Dengan melakukan tips – tips di atas, maka Anda bisa mendapatkan harga tanah dengan harga yang lebih murah. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tanah di Jakarta dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa memilih beberapa lokasi di bawah ini.

Lokasi Tanah di Jakarta Harga Murah

Meskipun harga tanah di Jakarta  kian hari kian meningkat, namun ada beberapa daerah di Jakarta yang menawarkan harga yang cukup ekonomis. Berikut beberapa lokasi di Jakarta dengan harga jual tanah yang murah.

  • Pulo Gebang

Pulo Gebang merupakan daerah di Jakarta yang berlokasi di Jakarta Timur. Harga tanah di daerah ini cukup murah. Rata-rata harga tanah di Pulo Gebang adalah 3,95 jutaan per meter persegi. Harga tersebut sudah termasuk murah jika dibandingkan harga tanah di Jakarta Pusat.

  • Ciganjur

Area lain yang memiliki harga tanah yang cukup murah di Jakarta adalah Ciganjur Jakarta Selatan. Padahal, daerah Jakarta Selatan terkenal dengan bangunan dan propertinya yang mewah. Namun, harga tanah di daerah ini lebih murah jika dibandingkan di daerah Kelapa Gading.

  • Cipayung dan Cibubur

Cipayung dan Cibubur merupakan daerah di Jakarta Timur dengan harga tanah yang relatif murah. Harga tanah per meter persegi adalah 4,5 hingga 5 juta. Murahnya harga tanah di lokasi ini terlihat dengan adanya banyak properti dan bangunan lain yang dibangun untuk menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Harga tanah di Jakarta Timur memang lebih murah jika dibandingkan harga tanah di area Jakarta lainnya. Ada banyak bangunan dan properti yang dibangun terus menerus di tempat ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa harga tanah di tempat ini masih cukup murah. Jika Anda tertarik untuk tinggal di daerah Jakarta, Anda bisa membeli tanah di Jakarta Timur atau Jakarta Selatan. Namun, pastikanlah Anda telah melakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli tanah.

Membeli tanah yang asal murah tanpa memperhatikan kondisi lingkungan setempat akan membuat Anda menjadi rugi. Carilah informasi tanah di jual di Jakarta melalui orang-orang terdekat atau melalui iklan properti kredibel. Jadi, bukan hanya harga murah saja yang bisa Anda dapatkan, namun Anda akan mendapatkan lingkungan yang berkualitas. Tidak masalah jika harga tanah di Jakarta  semakin hari semakin mahal. Masih ada beberapa wilayah di atas yang menyediakan harga murah untuk Anda.