Fakta-Fakta Menarik Tentang Buta Warna

Fakta-Fakta Menarik Tentang Buta Warna

Mengenai gangguan penglihatan yang satu ini, mungkin sebagian orang hanya mengetahui sebatas orang yang hanya bisa melihat warna hitam dan putih saja atau hanya bisa melihat satu jenis warna saja. Namun, tahukah Anda ada beberapa fakta menarik mengenai buta warna? Berikut ini adalah fakta-fakta yang bisa menambah wawasan Anda mengenai gangguan penglihatan ini.

Fakta Menarik Mengenai Buta Warna

  1. Buta Warna Merupakan Penyakit Turunan

Tahukah Anda bahwa buta warna ternyata termasuk penyakit turunan? Buta warna bisa terjadi karena sel pigmen pada mata tidak berfungsi atau mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan mata tidak dapat mendeteksi warna tertentu. Kerusakan tersebut merupakan kelainan gen yang diturunkan dari 1 generasi sebelumnya kepada anak. Oleh sebab itu, orang tua buta warna kemungkinan besar akan menurunkannya kepada anak.

  1. Risiko Buta Warna Meningkat Seiring Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, ada kemungkinan seseorang mengalami buta warna. Hal ini disebabkan ketika usia semakin bertambah, kemampuan mata untuk menangkap cahaya akan berkurang. Itu sebabnya ada beberapa kasus penderita buta warna yang mengalami ketika memasuki masa-masa tua.

  1. Ada Tiga Jenis Buta Warna

Ternyata, buta warna tidak hanya satu jenis saja. Ada beberapa jenis buta warna, yakni buta warna merah-hijau, buta warna biru-kuning, dan buta warna total.

Pada penderita buta warna merah-hijau, penderita akan melihat warna kuning dan hijau sebagai warna merah, warna orange, merah, serta kuning sebagai warna hijau, warna merah sebagai warna hitam, dan warna biru terlihat hijau. Mereka juga akan kesulitan untuk membedakan warna merah muda dengan kuning.

Pada penderita buta warna biru-kuning, warna biru akan terlihat seperti hijau. Mereka juga akan kesulitan untuk membedakan antara warna merah muda dan kuning serta ketika melihat warna kuning akan terlihat seperti abu-abu.

Terakhir, buta warna total adalah keadaan ketika penderita hanya bisa mendeteksi satu warna saja, yakni hitam bergradasi sampai putih. Mereka hanya bisa mendeteksi intensitas gelap terang pada suatu objek untuk membedakan warna. Namun, mereka tidak dapat mengidentifikasi warna objek tersebut.

  1. Buta Warna Seringkali Enggak Disadari oleh Pengidapnya

Satu lagi fakta menarik mengenai buta warna. Ada beberapa penderita buta warna yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami buta warna. Hal ini disebabkan mereka sudah terbiasa dengan keadaan yang mereka alami. Untuk mendeteksi apakah seseorang menderita buta warna atau tidak, bisa dilakukan tes buta warna di tempat layanan kesehatan terdekat.

  1. Tes Ishihara adalah Tes Buta Warna yang Paling Umum dan Mudah

Ketika melakukan tes buta warna, ada dua jenis tes yang ada, yakni tes penyusunan warna dan tes isihara. Tes isihara adalah tes yang sering dilakukan pada tes buta warna. Penderita diperlihatkan sebuah gambar dan diminta untuk menjawab angka atau huruf apa yang terdapat pada gambar tersebut. Ketika mereka tidak dapat melihat angka atau huruf itu, mereka bisa dikatakan mengalami buta warna.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai buta warna. Semoga dapat memberikan Anda tambahan pengetahuan dan wawasan mengenai gangguan penglihatan ini.