Cara Simpel Melukis Menggunakan Cat Air

Dalam seni melukis setiap teknik yang dilakukan berbeda-beda setiap orangnya. Sesuai dengan kegemaran mereka masing-masing, ada yang suka melukis hanya menggunakan pensil tanpa pewarnaan, ada pula yang menggunakan crayon, serta menggunakan cat air. Nah, Bagaimana cara melukis menggunakan media cat air yang benar? Jangan khawatir, berikut ini akan diulas mengenai cara melukis menggunakan cat air. Simak ulasan lengkapnya.

 

  • Membuat Sketsa

 

Banyak orang yang berpikir bahwa proses membuat sketsa tersebut tidak terlalu penting ketika hendak melukis dengan cat air, namun, hal ini dapat membantu Anda menetukan gambaran bagaimana bentuk yang akan Anda dibuat. Di samping itu, tentu juga sangat membantu proses melukis yang Anda lakukan supaya mencapai bentuk gambar atau lukian yang sempurna. Untuk membuat sketsa, Anda dapat menggunakan pensil.

 

  • Melakukan Campuran Warna

 

Setelah selesai membuat sketsa, melakukan warna yang cocok dengan objek yang Anda lukis. Perlu pengaplikasian warna-warna sekunder seperti merah, kuning, hijau dan biru, atau bisa mencampurkan warna-warna tersebut.

Untuk Anda yang masih pemula dalam proses campurkan warna, usahakan juga menerapkan cara tersebut, kenapa? Tentu agar kemampuan Anda dalam mencampurkan warna akan semakin trampil dan terasah.

 

  • Mulai Mengaplikasikan Warna Tersebut Tahap Demi Tahap

 

Memberikan warna dasar pada media lukis seringkali dimulai dengan karakter warna yang lebih transparan. Anda tidak harus menguaskan warna ke seluruh permukaan gambar di dalam sket awal. Awalnya, Anda hanya perlu mewarnai bagian yang gelap terlebih dahulu. Melukis dengan cat air tidak perlu memakai cat berwarna putih, kecuali jika memang pada media kertas dengan warna gelap.

 

  • Tentukan Teknik yang Ingin Anda Gunakan

 

Banyak sekali cara yang bisa Anda aplikasikan ketika melukis dengan cat air, Anda dapat memakai teknik aquarelle (aquarella ialah teknik dasar dalam cat air yang mempunyai sifat transparan).

 

  • Tunggu Bagian yang di Cat Mengering Sempurna

 

Setelah Anda menunggu bagian tersebut mengering, barulah Anda dapat melanjutkannya dengan menumpukan warna yang lebih pekat atau gelap. Lakukan identifikasi kembali pada warna yang lain, Anda harus mencari lagi warna yang sesuai pada pallet, lalu diaplikasikan kembali pada kertas.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai cara melukis menggunakan cat air yang dapat kami sampaikan kali ini. Diharapkan ulasan tersebut bisa memberikan referensi bagi Anda yang ingin belajar melukis menggunakan cat air. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.