Berapa Banyak Air yang Harus Ibu Hamil Minum Saat Cuaca Dingin?

Di musim dingin, kebanyakan orang termasuk ibu hamil jarang minum air putih dan sering minum minuman lain ketika haus. Banyak ibu hamil juga cenderung minum teh, kopi, atau minuman lain yang tidak bermanfaat daripada minum air putih. Ini akan berdampak negatif pada kesehatan ibu hamil. Padahal, minum air yang cukup akan membantu Anda mengurangi risiko wasir, sembelit, dan stretch mark pada ibu hamil.

Mengapa ibu hamil harus minum air yang cukup selama kehamilan?

Dalam kehamilan, penting agar Anda tidak membiarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi, karena ini dapat menyebabkan pusing. Air juga membantu untuk lebih baik menyerap nutrisi ke ibu dan janin. Selain itu, minum air dapat menambah penyimpanan air dalam tubuh membantu Anda mengurangi edema.

Air tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa ibu minum cukup air untuk membantu meningkatkan jumlah cairan ketuban di sekitar janin; Bantu ibu mudah kencing, kurangi risiko infeksi saluran kemih; Memastikan ibu terhindar dari darah tinggi dan menghindari dehidrasi ketika ibu berkeringat (kehamilan cenderung menuangkan keringat yang dikembangkan oleh janin dan meningkatkan suplai darah).

Beberapa ilmuwan percaya bahwa minum air yang tidak cukup meningkatkan risiko keterbelakangan mental janin, tali pusat dapat melilit leher dan peningkatan kadar mekonium dalam cairan.

Berapa banyak air yang harus ibu hamil minum di musim dingin?

Di musim dingin, kebanyakan orang termasuk ibu hamil sangat takut minum air putih dan sering minum minuman lainya ketika haus. Banyak ibu juga cenderung minum teh, kopi, atau minuman lain yang tidak bermanfaat bagi kehamilan dan parahnya ini akan berdampak negatif pada kesehatan ibu.

Wanita hamil disarankan minum lebih banyak air dalam sehari daripada orang dewasa lainnya. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan sekitar 3 liter air per hari untuk wanita hamil (tambahan 0,5 liter jika Anda menyusui). Maksimum 3,8 liter air per hari, dengan wanita menyusui 4,5 liter air per hari. Jangan terlalu sering menggunakan air karena bisa berbahaya jika Anda minum terlalu banyak air.

Jangan lupa minum air putih, ibu perlu menyiapkan segelas air (botol air) selalu di samping ibu, agar mudah minum air bila diperlukan.