tanda tanda kehamilan 1 bulan

Bagaimana Sih Ciri-Ciri Awal Kehamilan?

Jika Anda termasuk pasangan yang sedang menantikan buah hati, munculnya tanda-tanda sperma masuk ke rahim sebagai ciri awal kehamilan Anda adalah dinanti-nantikan. Tanda tersebut menunjukkan bahwa sel telur yang dibuahi telah melakukan implantasi. Lalu apa saja tanda-tandanya? Berikut tanda awal kehamilan Anda yang paling sering muncul.

Pendarahan Implantasi

Pendarahan implantasi merupakan tanda-tanda sperma masuk ke rahim yang paling akurat. Namun, biasanya hanya 1 dari 3 perempuan yang mengalami pendarahan ini. Banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa pendarahan yang dialami merupakan akibat dari implantasi. Beberapa perempuan menganggap pendarahan tersebut adalah darah haid.

Sebenarnya ada perbedaan antara darah haid dengan darah hasil implantasi. Darah haid Anda biasanya berwarna merah terang, mengalir terus, dan terkadang berbentuk gumpalan. Namun, darah hasil implantasi cenderung berwarna merah muda atau justru kecoklatan. Jumlah yang keluar juga tidak banyak tidak seperti darah haid, hanya berupa bercak darah saja.

Darah implantasi sendiri terkadang bisa keluar dan kadang juga justru tidak keluar. Darah ini juga tidak berbentuk gumpalan. Secara umum, darah ini keluar dalam jangka waktu hitungan jam hingga maksimal 4 hari saja.

Kram Implantasi

Tanda berikutnya yang cukup sering ditemukan adalalah kram implantasi. Kram ini menyerupai nyeri haid tapi dengan intensitas yang lebih ringan sehingga tidak terlalu mengganggu kegiatan sehari-hari Anda.

Lebih lanjut kram implantasi rata-rata hanya muncul dalam waktu yang sebentar. Rata-rata perempuan yang mengalami kram ini hanya merasakan dalam jangka waktu 5 menit berbeda dengan kram haid yang biasanya lebih lama dan lebih sakit. Namun jika Anda mengalami kram yang cukup parah, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Payudara Sensitif

Sesaat setelah implantasi, tubuh seorang ibu hamil akan berubah. Perubahan hormon akan terjadi sangat cepat dan salah satu gejalanya adalah payudara yang mudah sensitif, misalnya tiba-tiba menjadi lebih mudah nyeri.

Payudara akan terasa sakit pada beberapa hari setelah pembuahan. Manun, kebanyakan perempuan akan mengalaminya dalam 7 hari setelah ovulasi. Jika Anda mengalami hal ini, ada baiknya Anda melakukan test kehamilan untuk memastikannya.

Meningkatnya Suhu Basal Tubuh

Tingginya suhu basa tubuh juga bisa Anda jadikan tanda ovulasi berhasil dibuahi. Jika Anda memang sedang dalam program hamil, ada baiknya rutin mencatat suhu basal tubuh Anda setiap pagi. Secara umum penyebab naiknya suhu basal tubuh dari 37,4 derajat hingga 37,5 derajat celsius dikarenakan tingginya kadar progesteron dalam tubuh.

Itulah tanda-tanda sperma masuk ke rahim sebagai ciri awal kehamilan Anda. Ada baiknya jika Anda segera menemui bidan maupun dokter jika mengalami tanda-tanda di atas. Anda juga bisa mengunjungi situs ORAMI di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai kehamilan dan informasi menarik lainnya.