Apa Penyebab Sindrom Alice In The Wonderland ?

Apa Penyebab Sindrom Alice In The Wonderland ?

Sindrom Alice in the Wonderland adalah kondisi langka episode sementara persepsi terdistorsi ukuran tubuh. Penyakit ini adalah kejadian paling sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda (dan, bagi sebagian orang, akhirnya berhenti terjadi seiring waktu). Beberapa orang menganggap gangguan visual sebagai penyebab sindrom Alice in the wonderland dan aura yang datang sebelum migrain, atau “varian migrain” yang langka.

Anda mungkin pernah mendengar tentang sindrom Alice in Wonderland baru-baru ini yang terjadi dengan kisah mempesona Lewis Carroll tentang seorang gadis yang jatuh ke lubang kelinci. Dalam bagian yang menyentuh yang muncul di The New York Times, penulis Helene Stapinski berbagi pengalaman pribadinya dengan sindrom tersebut. Stapinski menceritakan bagaimana putrinya, ketika menderita sakit kepala yang hebat, mengatakan kepadanya, “Segala sesuatu di ruangan itu terlihat sangat kecil.” Kesadaran ini membuka pintu bagi pengalaman Stapinski sendiri dengan sindrom langka ini, dan kisah itu tersebar di media sosial

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami persepsi serupa, memahami apa sindrom ini, dan bagaimana hubungannya dengan migrain, penting untuk diskusi dengan dokter. Kenali lebih dalam tentang gejala dari sindrom Alice in the Wonderland dan kemungkinan koneksi yang dimilikinya untuk migrain.

Terkadang dunia tidak terlihat benar ketika Anda menderita migrain. Warna berubah. Garis lurus berubah bergelombang. Benda bergerak. Waktu bahkan mungkin tampak bergeser. Pada tahun 1955, psikiater Inggris; John Todd menamakan kondisi aneh ini Alice in Wonderland syndrome (AIWS) dengan karakter buku cerita. Selama petualangannya, cara Alice melihat dunia berubah berulang kali setelah dia jatuh ke lubang kelinci. Pada satu titik, dia menyeruput dari botol bertuliskan “minumlah aku” dan menyusut cukup kecil untuk masuk melalui pintu kecil. Kemudian dia makan kue bertanda “makan saya” dan tumbuh cukup besar untuk mencapai kunci di atas meja tinggi. Todd menggunakan istilah itu untuk menggambarkan gejala aneh yang pernah didengarnya dari orang-orang yang dirawatnya karena sakit kepala dan epilepsi.

Apa yang menyebabkan AWS?

Tidak jelas apa penyebab sindrom Alice in the Wonderland, tetapi dokter berusaha untuk memahaminya dengan lebih baik. Mereka tahu bahwa AWS bukan masalah dengan mata Anda, halusinasi, atau penyakit mental atau neurologis. Para peneliti percaya aktivitas listrik yang tidak biasa di otak menyebabkan aliran darah abnormal ke bagian otak yang memproses lingkungan Anda dan mengalami persepsi visual. Aktivitas listrik yang tidak biasa ini mungkin merupakan hasil dari beberapa penyebab.

Satu studi menemukan bahwa 33 persen orang yang mengalami AWS memiliki infeksi. Trauma kepala dan migrain terkait dengan 6 persen episode AWS. Tetapi lebih dari setengah kasus AWS tidak diketahui penyebabnya. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, migrain dianggap sebagai penyebab utama AWS pada orang dewasa. Infeksi dianggap sebagai penyebab utama AWS pada anak-anak.

Kemungkinan penyebab sindrom Alice in the Wonderland lain termasuk :

  • stres
  • obat batuk
  • penggunaan obat-obatan halusinogen
  • epilepsi
  • pukulan
  • tumor otak

Apakah ada kondisi terkait atau faktor risiko lainnya?

Beberapa ketentuan terkait dengan AWS. Berikut ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk itu :

  1. Migrain.

AWS mungkin jenis aura, atau peringatan sensorik migrain yang akan datang. Beberapa dokter juga percaya AWS mungkin merupakan subtipe dari migrain.

  1. Infeksi.

Episode AWS mungkin merupakan gejala awal virus Epstein-Bar (EBV). Virus ini dapat menyebabkan infeksi mononukleosis, atau mono.

  1. Genetika.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga migrain dan AWS, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi langka ini.

Karena sindrom ini sangat jarang, hubungan antara itu dan migrain belum sepenuhnya diketahui. Tetapi episode-episode ini dapat terjadi selama sakit kepala atau migrain, dan beberapa menganggap gangguan penglihatan sebagai aura yang datang sebelum migrain. 5

Sindrom itu sendiri bisa menjadi “varian migrain” langka atau “setara migrain” dengan kata lain, migrain yang muncul dalam bentuk yang berbeda dari sakit kepala migrain yang lebih umum. Dalam situasi ini, kejadian visual dapat terjadi tanpa sakit kepala sama sekali.

Mereka yang mengalami sindrom Alice in Wonderland sering memiliki anggota keluarga yang menderita migrain; mereka juga bisa mengalami migrain di kemudian hari. Misalnya, dalam satu penelitian terhadap 48 orang yang mengalami episode ini, sepertiga kemudian mengalami migrain, meskipun mereka tidak memiliki riwayat sakit kepala ini.