Apa Itu Obat Ibuprofen

Apa Itu Obat Ibuprofen? Dan Apa Saja Manfaatnya? Perhatikan Penjelasan Ini

Mungkin Anda pernah mendengar istilah obat ibuprofen, apalagi ketika sedang mengalami sakit dan nyeri. Lalu, apa itu obat ibuprofen? Ibuprofen merupakan obat yang berfungsi untuk meredakan nyeri yang timbul akibat beberapa kondisi seperti sakit gigi, sakit punggung, sakit kepala, nyeri otot, asam urat, dan peradangan lainnya.

Ibuprofen juga tak jarang untuk digunakan menurunkan demam dan meringankan rasa nyeri ketika flu atau pilek. Obat ini tergolong pada kelompok nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) yang bekerja dengan cara menghalangi produksi zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan.

Aturan Meminum Ibuprofen

Biasanya ibuprofen diminum setiap 4 hingga 6 jam dengan menggunakan segelas air, kecuali jika dokter menganjurkan dosis yang berbeda. Setelah meminum ibuprofen, setidaknya selama 10 menit, Anda tidak disarankan untuk berbaring terlebih dahulu. Hal ini akan memicu munculnya efek samping seperti sakit perut. Selalu patuhi dosis yang dianjurkan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dosis ini biasanya didasarkan dari kondisi kesehatan Anda dan juga bagaimana tubuh Anda merespons terapi yang diberikan. Jangan pernah mengonsumsi ibuprofen lebih dari dosis yang diberikan dokter ataupun label dalam kemasan.

Ibuprofen akan bekerja dengan baik jika Anda segera mengonsumsinya ketika rasa nyeri mulai muncul. Jika Anda mengonsumsi ketika rasa nyeri sudah masuk tahap berat, itu akan membuat obat tersebut tidak bekerja dengan maksimal. Jika setelah mengonsumsi tubuh Anda malah menjadi lebih buruk, segera konsultasikan ke dokter.

Cara Menyimpan Ibuprofen

Cara terbaik untuk menyimpan obat ibuprofen adalah meletakkannya pada suhu ruangan di tempat yang lembap dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tidak dianjurkan untuk menyimpan obat ini di kamar mandi atau dengan cara membekukannya. Setiap merek dari ibuprofen memiliki cara menyimpan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, selalu perhatikan instruksi yang ada pada kemasan.

Efek Samping Ibuprofen

Semua obat pasti memiliki efek samping yang diberikan kepada tubuh. Lalu, apa saja efek samping dari obat ibuprofen? Efek samping ini biasanya hanya akan menyerang beberapa orang saja. Beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi ibuprofen antara lain kembung, sakit kepala, gatal, sakit perut, diare, dan telinga berdengung.

Ada beberapa kondisi di mana seseorang akan merasakan hal lebih dari itu ketika mengonsumsi ibuprofen. Segera hentikan konsumsi obat jika Anda merasakan nyeri pada dada, berat badan naik secara drastis, sulit buang air, hilang nafsu makan, urin berwarna gelap, menggigil, dan kesemutan berat. Konsultasikan pada dokter apakah ada obat pengganti atau tidak.

Hal Penting Sebelum Mengonsumsi Ibuprofen

Hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ibuprofen adalah alergi yang Anda miliki. Beritahukan alergi Anda tersebut kepada dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan dosis dan resep obat yang lebih cocok untuk Anda.

Selain alergi, usia juga harus diperhatikan sebelum mengonsumsi ibuprofen. Menurut hasil penelitian, memang tidak ada masalah yang cukup berat ketika ibuprofen dikonsumsi oleh orang lanjut usia. Namun, ada kemungkinan mereka akan memiliki masalah yang berkaitan dengan kerja otot.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa ibuprofen ini adalah obat yang populer digunakan untuk mengatasi rasa nyeri. Untuk mendapatkan obat ini juga tidak terlalu sulit. Anda tinggal mendatangi dokter maupun apotek terdekat. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online di HDmall. Selain ibuprofen, HDmall juga menyediakan berbagai macam produk farmasi dan juga kecantikan sehingga sangat cocok untuk Anda yang sangat memperhatikan kesehatan tubuh Anda.