Cara Cepat Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan

5 Cara Cepat Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau dikenal juga dengan istilah faringitis, ditandai dengan rasa sakit dan perih pada batang tenggorokan Anda. Radang yang terjadi pada tenggorokan ini bisa disebabkan karena tertular oleh virus dan bakteri, serta karena kebiasaan yang menyebabkan tenggorokan teriritasi. Untuk mengatasinya faringitis ini dengan cepat, Anda bisa mencoba 5 cara berikut ini.

  1. Mandi Air Hangat

Salah satu cara untuk melegakan kembali tenggorokan Anda yang meradang adalah dengan mandi air hangat. Uap yang dihasilkan oleh air hangat, akan dapat meredakan peradangan pada tenggorokan. Dengan Anda menghirup uap tersebut, maka pembengkakan di tenggorokan bisa mengecil dan rasa sakitnya dapat berkurang. Rutinlah melakukan ini, hingga sakit dan perih hilang.

  1. Tidur dengan Posisi Kepala yang Lebih Tinggi

Saat radang pada tenggorokan menyiksa Anda, biasakan untuk tidur dengan kondisi kepala lebih tinggi dibanding sebelumnya. Gunakan bantal tambahan agar posisi kepala lebih tinggi, sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih mudah. Cara ini juga akan menghindarkan Anda dari kemungkinan tidur dengan mulut terbuka, yang sebenarnya memicu kekeringan pada tenggorokan.

  1. Menggunakan Alat Pelembap Udara atau Air Humidifier

Jika memiliki dana lebih, Anda bisa memanfaatkan air humidifier untuk melembapkan udara di rumah atau pun ruangan kerja Anda. Air humidifier terutama sekali dibutuhkan saat udara kering, yang merupakan pemicu Anda mengalami radang tenggorokan. Dengan adanya air humidifier ini, udara yang tadinya kering akan berubah menjadi lebih lembap.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Harian

Berkurangnya cairan tubuh membuat produksi air liur atau saliva pun jadi menurun. Alhasil, tenggorokan yang seharusnya dalam keadaan basah, malah mengering dan membuatnya membengkak. Untuk membuat kondisinya kembali normal, jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan harian Anda. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari, agar radang di tenggorokan bisa terobati.

  1. Kumur-Kumur dengan Air Garam

Selain untuk melezatkan makanan, Anda juga dapat memanfaatkan garam untuk mengobati radang di tenggorokan. Garam akan meredakan rasa sakit dan juga gatal yang Anda rasakan di batang tenggorokan. Jaringan tenggorokan yang mengalami peradangan pun bisa cepat disembuhkan. Larutkan setengah sendok garam dengan air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut.

Anda juga bisa menambahkan baking soda atau soda kue dalam larutan untuk mengobati radang di tenggorokan ini. Kombinasikan air hangat, garam, dan soda kue, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut. Anda bisa mencobakan cara ini setiap 3 jam sekali setiap harinya. Rutinlah melakukannya, hingga sakit di tenggorokan tak lagi Anda rasakan.

Radang tenggorokan jika dibiarkan begitu saja, akan semakin lama membuat Anda merasa sakit dan tak nyaman dalam menjalankan aktivitas. Terlebih, radang di tenggorokan ini berisiko menjadi akut, sehingga membuat kesehatan Anda makin terancam. Untuk mengobatinya agar tak semakin parah, Anda bisa menerapkan 5 cara pengobatan praktis di atas.